Jumat, 04 September 2009

Membaca merupakan fungsi otak yang paling penting bagi manusia.


Ada enam fungsi syaraf ekslusif bagi manusia dan keenam fungsi inilah yang membedakan manusia dari makhluk-makhluk yang lain. Keenam fungsi otak ini sudah ada pada diri manusia dan dapat berfungsi sepenuhnya pada usia 8 tahun. Kemampuan tersebut adalah :

1. Hanya manusia yang dapat berjalan tegak.

2. Hanya manusia yang berbicara dalam bahasa ciptaan yang abstrak dan simbolis.

3. Hanya manusia yang dapat mengkombinasi-kan ketrampilan yang unik itu dengan kemampuan motoris di atas untuk menuliskannya.

Ketiga kemampuan yang pertama ini bersifat motoris ( ekspresif ) dan hanya dapat dilakukan jika ditunjang oleh ketiga kemampuan lainnya yang bersifat sensoris ( reseptif ).

4. Hanya manusia yang dapat mengerti bahasa abstrak dan simbolis yang didengarnya.

5. Hanya manusia yang dapat mengerti suatu benda dengan menyentuhnya saja.

6. Hanya manusia yang dapat menemukan cara untuk memungkinkannya membaca bahasa abstrak dalam bentuk tulisan.

Seorang anak 8 tahun dapat melakukan semua fungsi ini karena ia sudah dapat berjalan, berbicara, menulis, membaca, mengerti bahasa lisan dan mengenal benda-benda dengan menyentuhnya pada usia itu. Mulai itu manusia hanya mengulang-ulang saja keenam kemampuan ini, tanpa menambah kemampuan baru lagi.

Inilah pentingnya membaca sejak dini. Karena ia merupakan fungsi otak, maka semakin dini diperkenalkan akan semakin cepat ia kuasai dan sebaliknya bila kita terlambat belajar membaca, maka akan semakin sulit ia memahaminya. Dan banyak sekali bukti yang membenarkan hal ini. Dari pelajaran sejarah, misalnya kita mengenal seorang tokoh kedokteran IBNU SINA atau lebih dikenal AVICENNA oleh orang Barat. Ia pada usia 10 tahun selain telah tamat membaca Al Quran juga telah dapat menghafalkan 30 juz Al Quran. Atau kita bisa melihat seorang Ir. Kun Ariwibowo yang berhasil lulus sebagai sarjana teknik elektro, Fakultas Tehnik Universitas Trisakti dalam usia 18 tahun 8 bulan. Menurut keterangannya ia sudah dapat membaca buku pada usia 4 tahun berkat ketekunan ibu-bapaknya mengajar. Kun Ariwibowo berhasil menyelesaikan pendidikan di SD hanya selama 3 tahun, di SMP 2 tahun dan SMA 2 tahun. Dia mengatakan bahwa pada usia 4 tahun, dia bukan hanya telah dapat membaca, tetapi juga sangat gemar membaca. (H. Syahrah Obos & H. Syahidin,B.A ed, Melahirkan Anak Berkualitas, Ramadhani , Solo, 1996). Hampir semua orang besar dan terkenal di dunia dapat dipastikan bahwa mereka sangat gemar membaca buku semisal : Soekarno, Mahatma Gandhi, Kennedy dll.

sumber : parenting pustaka

0 komentar:

Posting Komentar

© Copyright by TAMAN BACA FIRSTA |Patner www.firstalitha.com | Donatur www.yayasanfristaschool.com